Beragam Kandungan Nutrisi Baik dari Tomat Cherry dan Tips Memilih yang Berkualitas

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup terkenal di dunia, tidak kecuali di Indonesia. Penggunaannya sendiri sangat bervariasi, mulai dari olahan sambal, minuman, ataupun sayuran sehat lainnya. Rasanya yang khas membuat jenis sayur ini digemari oleh banyak orang, salah satunya di Indonesia. Dalam masakan bisa diberikan sebagai bumbu pelengkap pada sop, sayur asem, sayur lombok ijo ataupun berbagai tumisan lainnya. Bahkan ada yang mengatakan jika tidak menggunakan tomat rasanya berbeda dan ada yang kurang.

Selain dihidangkan dalam tambahan bumbu masakan dan minuman, tidak jarang orang langsung mengkonsumsi tomat sebagai buah. Jangan salah, justru itu akan memberikan nilai nutrisi yang baik pada tubuh karena langsung tanpa melewati pengolahan. Namun Anda perlu paham terlebih dahulu, ada jenis tomat yang enak jika dikonsumsi secara langsung dan ada pula yang tidak. Bahkan kandungannya juga berbeda, inilah kenapa penting untuk mengenal jenis tomat sebelum mengkonsumsinya.

Ciri Tomat Cherry

Dari sekian banyak jenis tomat, pasti Anda mengenal tomat cherry dengan ciri khas pada ukuran yang jauh lebih kecil dan rasa lebih manis. Dipasaran sendiri jenis tomat tersebut sering pula dijadikan sebagai tambahan bumbu dalam masakan, ada yang berwarna hijau, kuning, orange sampai dengan yang merah. Sama dengan cabai dan paprika, tomat yang berbeda warna itu hanya tergantung dari tingkat kematangan yang berbeda. Secara otomatis rasa yang dihasilkan juga akan berbeda, untuk jenis merah paling matang dengan rasa paling enak dibanding lainnya.

Kandungan Nutrisi Tomat Cherry

Sebelum mengkonsumsi tidak ada salahnya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki oleh tomat cherry. Hal ini berkaitan dengan manfaatnya untuk kesehatan dan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Nah, Anda akan mendapatkan berbagai nutrisi baik seperti:

  • Energi 18 kalori.
  • Karbohidrat 39 gram.
  • Air 95%.
  • Protein 0.9 gram.
  • Gula 2.6 gram.
  • Serat 1.2 gram.
  • Lemak 0.2 gram.
  • Vitamin A 42 microgram.
  • Vitamin C 13.7 microgram.
  • Vitamin E 0.54 microgram.
  • Vitamin K 7.9 microgram.
  • Vitamin B1 0.04 microgram.
  • Vitamin B3 0.59 microgram.
  • Vitamin B9 15 microgram.
  • Kalsium 0.27 microgram.
  • Zat besi 0.27 microgram.

Manfaat Tomat Cherry Untuk Kesehatan

Setelah melihat sederet kandungan yang dimiliki oleh tomat cherry, tentu Anda semakin yakin akan manfaat baik bagi kesehatan bukan? Ya, hal itu secara nyata dituliskan dalam sebuah penelitian bersumber jelas jika mengkonsumsi jenis tomat tersebut akan memberikan dukungan kesehatan pada kelancaran pencernaan, kesehatan mata, kesehatan tulang, mengurangi resiko masalah gula, mengurangi resiko jantung dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa mengkonsumsi jenis tomat berukuran kecil tersebut secara langsung, dijadikan jus, dijadikan tambahan bumbu masakan, sambal ataupun yang lainnya,

Namun sederet kandungan dan manfaat yang ada diatas tidak akan Anda dapatkan secara menyeluruh jika memilih jenis tomat yang tidak berkualitas. Artinya Anda harus paham seperti apa tomat cherry yang berkualitas baik. Supaya tidak kerepotan saat berbelanja harus memilih ini dan itu, lebih baik langsung percayakan saja dengan belanja di TaniHub. Sebagai salah satu toko online yang menyediakan beragam sayuran, buah, unggas, dan bumbu dapur lainnya dengan kualitas terbaik langsung dari para petani lokal. Cara pemesanan yang mudah, dengan kurir yang cepat, dan banyak promo menarik setiap minggunya jadi membuat uang belanja lebih hemat. Yuk, belanja di TaniHub sekarang juga!